Glosarium Yang Berkaitan Dengan Reservasi

on Rabu, 09 November 2011

Room Reservation : kamar yang dilakukan oleh calon tamu beberapa waktu sebelum kedatangannya dengan cara, lewat telepon, faksimile, e-mail, ataupun datang langsung. Cancellation : Pembatalan yang dilakukan oleh pihak pemesan, bahwa mereka tidak jadi mempergunakan fasilitas hotel. Hal tersebut dilakukan sebelum waktu check- in tiba.Biasanya hal ini akan dikenakan biaya dengan jumlah tertentu.
·     An non-affiliate reservation : Jaringan pemesanan kamar yang tidak terikat pada mata rantai hotel.
·     Amendments : Orang yang pernah memesan kamar. Akan tetapi,terjadi suatu perubahan kedatangannya,lama tinggal, perubahan nama tamu yang akan tinggal/menginap.
·     Confirmed reservation : Pemesanan kamar yang sudah dikonfirmasikan.
·     An affiliate reservation : Sebuah jaringan pemesanan kamar untuk hotel yang memiliki mata rantai bisnis, seperti Sheraton Hotel, Hilton Hotel, Hyatt Hotel, The Ritz Carlton Hotel ,Inter Continental Hotel, dan lain-lain.
P/A : Personal account, Yaitu pembayaran kontan oleh tamu yang bersangkutan
C/A : Company account, Yaitu pembayaran ditanggung oleh suatu kantor agen perjalanan
R/O : Room Only, Yaitu pembayaran yang ditanggung kamarnya saja
R/M : Room and Meals, Yaitu pembayaran yang di tanggung dengan sewa kamar dan biaya makan
XX : Cancelled, Yaitu pemesanan kamar yang di batalkan
Deposit : Pemnbayaran dilakukan oleh tamu kepada pihak hotel dalam jumlah tertentu dalam jumlah tertentu sebagai uang muka
Walk In Guest : Tamu yang menginap di hotel tanpa memesan kamar terlebih dahulu atau yang datang langsung ke hotel
Closed : Persediaan kamar sudah habis dan tidak melayani pemesanan kamar
On Request : Pencatatan pesanan kamar sementara menunggu adanya kamar kosong
Open : Persediaan kamar masih ada dan setiap pemesanan bisa di terima
Fully booked : Kamar hotel yang telah penuh pesanan karena telah di pesan atau sudah di
6 p.m release : pihak hotel akan menjual kembali kamar yang sudah dipesan namun tidak memeberikan jaminan apapun apabila calon tamu tidak check in tanpa pemberitahuan hingga batas waktu yang ditentukan yaitu pukul 18.00 / 6 p.m
Turn away report : Laporan tentang jumlah reservasi yang ditolak, hal ini biasanya dilakukan bila hotel mengalamai fully booked
Reservation histories : Merupakan statistik dari seluruh proses reservasi, meliputi jumlah tamu, kamar terisi, sumber pemesanan, no-shows, overstays dan understays pada periode tertentu .
Advance Reservation Deposit : Sejumlah Uang muka untuk pembayaran yang diterima oleh hotel dari tamu atau travel agent atas pemesanan kamar. Besarnya uang muka biasanya minimal harga satu malam kamar ditambah dengan pajak dan pelayanan.
Advance Deposit : Sejumlah uang yang dibayarkan sebagai jaminan pemesanan reservasi kamar, dapat dibayar sebagian dari harga kamar.
Reservation diary : sistem pencatatan manual yang dilakukan oleh manajemen hotel kecil mengenai catatan reservasi harian.
Expected arrival list : daftar tamu yang diharapkan tiba
Reservation transaction report : Laporan ini berisi tentang ringkasan tentang kegiatan reservasi di hotel yang disusun secara harian. Laporan ini memberikan ringkasan tentang jumlah reservasi yang masuk, perubahan- perubahan reservasi dan pembatalan.

Referensi :http://www.scribd.com/doc/17734002/Istilah-Istilah-Perhotelan http://muhammadagy.blogspot.com/2011/03/istilah-dalam pemesanan-kamar.html 
http://smipusi.blogspot.com/2011/01/tipejenis-laporan-di-bagian-reservasi.html


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar