Studi Kasus Analisis Club Mediterania dan Manfaat Ekonominya

on Jumat, 13 September 2013
Secara teoritis, dampak ekonomi dari pengembangan salah satu sektor pariwisata, termasuk didalamnya akomodasi, memberikan tiga dampak, yaitu dampak langsung (direct) yang juga merupakan dampak primer yang diikuti oleh dampak sekunder yaitu dampak tidak langsung (indirect) dan dampak ikutan (induce). Ketiga hal tersebut dapat diukur melalui gross output atau sales, income, employment, dan value added yang terjadi akibat pengembangan tersebut.

Manfaat Club Med baik terhadap negara maju maupun berkembang adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan negara. Peningkatan pendapata ini hubungannya berbanding lurus. Apabila pendapatan masyarakat meningkat, secara otomatis pendapatan negara akan meningkat. Berlaku juga hal sebaliknya. Hal tersebut dapat dilihat dari neraca wisatawa yang akan menyumbang peran terhadap neraca pembayaran negara.
  2. Meningkatakan nilai tukar mata uang (exchange rate) lokal terhadap mata uang asing. Hal ini dipengaruhi oleh demand penggunaan mata uang lokal yang akan digunakan oleh wisatawan asing yang membelanjakan uang tersebut di daerah tujuan wisata.
  3. Meningkatkan kesejaheraan masyarakat. Masyarakat sekitar tentu merasakan dampaknya dari transaksi ekonomi yang terjadi akibat kegiatan pariwisata yang dilakukan turis.
Sementara, masalah yang dapat ditimbulkan dari berkembangnya Club Med di suatu negara adalah dikarenakan Club Med merupakan hotel milik orang berkewarganegaraan Prancis, maka setiap income dan profit akan kembali ke negara Prancis, yang mana merupakan sebagian besar dari keuntungan yang diperoleh dari proses transaksi ekonomi wisatawan. Hal ini tentu menyebabkan kebocoran devisa (Economy Leakages) bagi negara tempat Club Med tersebut berkembang.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 komentar:

Derinta mengatakan...

Score:90, excellent

Posting Komentar